Tuesday 3 November 2015

KISAH SINGKAT KARIER ONE DIRECTION







One Direction adalah grup penyanyi pria (boyband) asal Inggris-Irlandia yang terbentuk di London pada tahun 2010. grup ini beranggotakan Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson (Zayn Malik telah keluar awal tahun 2015). Setelah sukses menjadi juara ketiga pada acara pencarian bakat The X Factor musim ke-7 pada tahun 2010, One Direction dikontrak oleh Syco Records, label rekaman milik Simon Cowell. Setelah sukses di Inggris boyband ini kemudian dikontrak oleh label rekaman asal Amerika Utara, Columbia Records pada tahun 2011.

One Direction merilis album pertama mereka pada bulan November 2011 yang bertajuk "Up All Night". Album tersebut menjadi album dengan penjualan tercepat pada tahun 2011 di Inggris. Pada tahun yang sama, di Ameruka Serikat album mereka juga sukses berada pada posisi puncak BillBoard 200. "Up All Night" menguasai sepuluh besar UK Single Chart dengan single perdana mereka "What Makes You Beautiful".

Hasil gambar untuk foto one direction what makes you beautiful
image source : google.com (foto one direction)

Lewat single ini mereka berhasil memenangkan Best British Single (single Britania Raya terbaik) di ajang BIRT Awards tahun 2012. One Direction juga sukses menjual single tersebut secara digital dengan total unduhan sebanyak 2.060.303. Album kedua mereka yang bertajuk "Take Me Home"dirilis pada tanggal 12 November 2012. Sementara itu. tur dunia One Direction digelar pada tahun 2013 yang dimulai dari kota-kota di Inggris dan Irlandia kemudian dilanjutkan ke negara-negara di Amerika Utara dan Australia.

Atas kesuksesan mereka, One Direction dikatakan sebagai pemicu kebangkitan kembali era boyband Eropa yang sebelumnya pernah berjaya pada tahun 90-an. One Direction juga dikatakan sebagai gelombang baru "Invasi Britania" (British Invasion) yang melanda Amerika Serikat mengikuti jejak The Beatles pada tahun 1960-an. Di Indonesia, meskipun sedang dilanda histeria terhadap boyband asal Korea Selatan, gaung boyband ini juga sangat kencang terdengar.

Berita terbarunya, mereka akan mengeluarkan album terbaru mereka, tepatnya pada tanggal 13 November 2015. Dengan judul MADE IN A.M., album baru ini sangat dinantikan oleh Directioners (sebutan bagi fans One Direction). Empat lagu telah dirilis oleh boyband asal Britania Raya ini seperti Drag Me Down, Perfect, Infinity dan End Of a Day yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu.


Grup binaan Simon Cowell ini menghadirkan irama-irama yang berbeda dengan album sebelumnya FOURTH dengan memasukkan unsur classic rock dan folk pada komposisi lagunya. Tahun ini One Direction cukup dipadati dengan jadwal tur yang hampir tak pernah berhenti, namun itu bukan jadi penghalang bagi mereka untuk menciptakan karya-karya terbaru. 

Nantinya album MADE IN A.M. akan berisi 12 tracklist yang akan segarkan dahaga para Directioners. Karya ini merupakan album studio mereka yang ke-5 yang dibuat oleh 1D dan album pertama kalinya tanpa kehadiran Zayn Malik yang beberapa waktu lalu memutuskan untuk hengkang.

No comments:

Post a Comment