Tuesday 16 February 2016

MANFAAT GERAKAN-GERAKAN SHOLAT BAGI KESEHATAN


Gerakan sholat ternyata memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan setiap gerakannya dapat menimbulkan atau merangsang jaringan sel dan peredaran darah di dalam tubuh untuk bekerja lebih optimal. Kondisi tubuh lebih sehat dan segar karena aliran darah lancar, dan tidak ada yang tersumbat.

Bahkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti asing juga sudah membuktikan, bahwa beberapa gerakan sholat memang berpengaruh pada bagian tubuh tertentu asalkan gerakan tersebut dilakukan dengan benar dan dengan jangka waktu tertentu. Berikut beberapa diantaranya:


  • GERAKAN TAKBIRATUL IHRAM

Gerakan ini dilakukan pada saat permulaan sholat yaitu dengan berdiri tegap, mengangkat kedua tangan, dan meletakkannya di depan dada. Gerakan ini akan membuat pernapasan menjadi lancar dan teratur, selain itu otot kedua tangan akan berkontraksi sehingga lebih kuat dan kencang.

  • GERAKAN RUKU'

Gerakan ini dilakukan dengan membengkokkan badan ke arah depan sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit. Disaat gerakan ruku' dilakukan, otot disekitar punggung hingga pantat akan mengalami kontraksi dan aliran darah bagian tubuh atas akan semakin lancar.

  • GERAKAN SUJUD

Beberapa penelitian dari ahli menyimpulkan, bahwa gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri. Dengan itu, orang yang sujud lebih lama tidak menutup kemungkinan akan lebih cerdas dan kreatif. Gerakan sujud ini juga akan membuat aliran darah ke kepala mengalir lebih optimal.

Gerakan sholat tidak akan bermanfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan sembarangan dan cepat. Oleh karena itu, sebagai muslim adalah kewajiban kita untuk menunaikan sholat setiap hari, lakukanlah gerakan sholat sesuai aturan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. 

Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment