Saturday 13 February 2016

STOP BULLYING !!!

source : my album

Menjadi target bullying sama sekali tidak menyenangkan, seringkali membuat kita cemas dan takut. Jika keadaan ini terus menerus terjadi pada saat tertentu bisa membuat orang sangat tertekan, dan keadaan ini akan mengganggu psikologisnya bahkan prestasi belajarnya.

Istilah bullying itu sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris. Bullying berasal dari kata "bully" yang artinya menggertak, orang yang mengganggu orang yang lemah. Bullying merupakan serangan berulang secara fisik, psikologis, ataupun sosial yang dilakukan untuk kepuasan si pelaku itu sendiri. Belakangan ini bullying juga dilakukan dengan bantuan teknologi (telepon, media sosial), jejaring media sosial seperti "facebook" dan "twitter" seakan dijadikan "alat" untuk "membully", padahal tujuan utamanya adalah untuk mempererat silatrurahmi antar manusia. Setiap orang bisa saja menjadi "topeng" dibalik sebuah akun media sosial, yang berakibat kata-kata negatif keluar berhamburan tanpa dipikirkan dahulu secara mendalam apa akibatnya bagi diri, atau orang lain yang membacanya.


Pada umumnya para pelaku ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan cenderung bersikap agresif. Dengan melakukan bullying para pelaku mengganggap mereka memiliki kekuasaan terhadap keadaan. Jika dibiarkan terus menerus perilaku ini dapat menimbulkan perilaku lain berupa kekerasan terhadap anak dan perilaku kriminal lainnya.

Beribu-ribu orang bunuh diri karena dihina di dunia maya. Berjuta-juta orang putus asa dan berfikir hidupnya tidak ada guna karena dibully di dunia nyata. Anda bisa saja berkata seenaknya tanpa beban, tapi bagaimana dengan perasaan mereka? bagaimana dengan perasaan orang tua yang anaknya meninggal karena jadi korban pembullyan? kebebasan mengemukakan pendapat dan penggunaan otak jangan disalah gunakan. Think twice before you say or tipe, it might hurt someone, or even worse, kill them. sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment