Tuesday 22 December 2015

5 JENIS MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN SECARA BERSAMAAN

         Tubuh memerlukan berbagai kandungan gizi yang terdapat dalam makanan dan minuman. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat tentu sangat baik bagi tubuh. Pada kenyataannya, terdapat berbagai makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena memiliki zat kimia yang justru akan menimbulkan efek yang tidak baik serta membahayakan bagi tubuh. Misalnya saja buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi sendiri tanpa dicampur dengan makanan lain, termasuk susu.
          Pada umumnya, buah-buahan bersifat asam (memiliki pH rendah), sehingga apabila dicampur dengan makanan lain dapat menyebabkan fermentasi di dalam lambung. Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari untuk dikonsumsi dalam waktu yang besamaan.

1.  Kacang Kedelai dengan Bayam



          Banyak orang yang sering memasak sayur bayam dengan lauk tempe yang terbuat dari kacang kedelai. Perlu diketahui bahwa kacang kedelai tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan bayam. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang terkandung pada kacang kedelai. Dan di dalam usus membentuk endapan yang tidak dapat larut yaitu kalsium oksalat. Kacang kedelai dan bayam yang dimakan bersamaan akan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan di perut.

2.       Susu Kedelai dengan Telur


         Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Berbeda dengan susu kedelai yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi secara bersamaan dengan susu kedelai.

3.       Susu dengan Coklat


          Susu dan Coklat tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan. susu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan coklat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila dimakan secara bersamaan.

4.       Susu dengan berbagai jenis sayuran


          Zat kimia yang terkandung didalam sayuran ini bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu.

5.       Daging dengan Buah Semangka


          Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya “panas”. Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.


Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment