Friday 25 December 2015

PERBEDAAN PERAYAAN HARI IBU DI 3 NEGARA

      Ternyata di tiap negara perayaan hari ibu berbeda-beda lho, hal ini karena sejarah penetapannya juga sangat beragam. Apa saja ya?  Yuk kita simak.

1. INDONESIA

photo by : Alfi Syahrin

Di negara kita hari ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember berdasarkan keputusan Presiden Sukarno pada tahun 1959. Tanggal 22 Desember dipilih karena pada tanggal itulah pertama kali diadakannya Kongres Perempuan Indonesia tepatnya pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta dan dihadiri aktivis perempuan dari Jawa dan Sumatera.
Pada awalnya ide untuk menetapkan hari ibu sudah ada pada saat  kongres ketiga pada 1938 yang bertujuan mempringati semangat para perempuan Indonesia untuk maju dan memperbaiki kondisi bangsa. Namun saat ini hari ibu di Indonesia mirip dengan negara lain, yaitu untuk mengungkapkan kasih sayang pada ibu dengan momen lebih spesial dari biasanya.

2. INGGRIS


Di negara Ratu Elizabeth II ini sudah ada perayaaan Mothering Sunday sejak abad 18, saat umat Kristiani akan pergi ke gereja menjelang hari Paskah. Sebelumnya juga ada momen khusus untuk para ibu berjumpa kembali dengan anak-anak mereka yang jarang ditemui karena tuntutan kewajiban dari para tuan mereka. Setelah perng dunia II, kebiasaan hari ibu dari negara Amerika mempengaruhi para pedagang yang ada di Eropa termasuk Inggris untuk memanfaatkannya.
Sejak saat itu, sekitar tahun 1950an, perayaan hari ibu bercampur dengan Mothering Sunday. Saat selain komersialisasi hari ibu, masyarakat Inggris dan Irlandia masih melakukan ritual Mothering Sunday juga. Antara lain makan kue tertentu dan mendatangi gereja.

3. AMERIKA SERIKAT


Masyarakat Amerika merayakan hari ibu setiap minggu kedua di bulan Mei. Walaupun sebelumnya sudah ada penggagas hari ibu, namun hari ibu yang hingga saat ini dirayakan mereka dicetuskan oleh Anna Jarvis pada 1908 untuk menghormati para ibu. Usaha Anna mempromosikan hari ibu ini membuahkan hasil ketika tahun 1914 Presiden Amerika saat itu, Woodrow Wilson menetapkan hari ibu sebagai hari libur resmi nasional.

Sekian postingan saya kali ini, semoga dapat menambah cinta anda terhadap ibu. HAPPY MOTHER’S DAY J

No comments:

Post a Comment