Friday 25 December 2015

FAKTOR –FAKTOR PENGHAMBAT MAHASISWA LULUS KULIAH


          Lulus tepat waktu sudah tentu menjadi impian dan dan dambaan bagi setiap mahasiswa. Idealnya bagi mahasiswa S1 masa studinya sekitar empat sampai lima tahun, berlama-lama di kampus tentu saja tidak diinginkan. Apalagi sampai mendapat cap sebagai mahasiswa abadi. Jika boleh menggugat seharusnya tak ada istilah mahasiswa abadi. Beberapa dari mereka tak jarang ada yang sampai mendapat peringatan Drop Out (DO) karena masa aktifnya akan segera habis. Sering kali ketua jurusan, atau dosen pembimbing biasanya mengingatkan mahasiswa agar lekas menyelesaikan kuliah jika tak mau dikeluarkan dengan cara tidak hormat.

          Lulus tepat waktu terkadang gampang-gampang susah. Gampang, jika memang ada tekad yang bulat disertai niat dari mahasiswa itu sendiri. Lulus tepat waktu bagi sebagian mahasiswa mungkin hal biasa atau malah dianggap gampang, bagi mereka yang berotak encer tentunya tak menemui kendala yang berarti. Tapi bagi sebagian mahasiswa lainnya, lulus tepat waktu mungkin butuh sedikit pengorbanan.

           Bermacam alasan biasanya dibuat jika ditanya, ”kok belum lulus?” Nah, berikut kita simak faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab kenapa seseorang mahasiswa lulus dalam waktu yang relatif lama.

1. Sibuk menjadi aktivis/ kegiatan kemahasiswaan
Menurut saya ini adalah penyebab yang paling dominan. Banyak mahasiswa yang sengaja menerjunkan diri menjadi aktivis kampus. Entah itu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

2. Dimabuk cinta

Masa-masa kuliah memang waktu yang tepat untuk ‘hunting’ pasangan alias cari pacar. Gejolak jiwa muda masih terasa tatkala mahasiswa asyik menjalin hubungan cinta dengan lawan jenis. Dan cinta lokasi dengan teman satu kampus amat sangat banyak terjadi.

3. Terlalu sibuk bekerja

Mencari pengalaman, itulah alasan yang biasa dilontarkan beberapa mahasiswa yang melakoni kuliah sambil bekerja. Mencoba peruntungan nasib di dunia kerja sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa, selain mengisi waktu luang kuliah sambil kerja pun mendatangkan keuntungan berupa rupiah.


Intinya, kita harus pintar mengatur waktu, sebesar apapun hambatan yang menghalangi jangan dijadikan sebagai beban. Jadikan hambatan sebagai tantangan yang harus ditaklukkan. Pelihara semangat , daya juang dan ketekunan. Niscaya lulus kuliah dengan tepat waktu pasti didapat. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment