Monday 28 December 2015

ANDA GUGUP KETIKA BERBICARA DI DEPAN UMUM? INI SOLUSINYA...



 Secara umum, semua orang pasti pernah merasakan gugup ketika tampil di depan orang banyak. kecemasan ini bisa dibuktikan dengan timbulnya rasa panik, berkeringat dingin, atau telapak tangan menjadi dingin, ataupun perasaan ingin bolak balik ke kamar kecil. Namun beberapaorang mengalami hal yang berbeda-beda saat terserang rasa gugup. Cara yang digunakan pun berbeda-beda, karena bisa jadi tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda. Berikut cara-cara yang bisa membantu anda untuk menghilangkan rasa gugup dan kecemasan ketika akan tampil di depan umum.

1. Hadapi rasa takut anda
     Jika rasa cemas dan takut menghampiri anda, ingat melarikan dari situasi tersebut tidak akan memberikan solusi. Di sisi lain jika anda benar-benar mengatasi rasa gugup anda, anda harus melawan tantangan dan mencoba hal-hal yang baru.

2. Fokus dan Konsentrasi
      Anda perlu mencari tahu apa yang anda inginkan dan fokus pada hal tersebut. anda akan merasa kurang stres jika anda fokus tidak hanya pada hasil tetapi juga pada prosesnya.

3. OLAH NAFAS
      Melindungi ketahanan nafas juga amat mutlak mengingat beberapa perlu daya untuk bernafas waktu tengah bicara di depan umum. Ketika tengah gugup nafas kita jadi cepat serta tidak teratur, oleh sebab itu upayakan supaya nafas terus stabil waktu bicara di depan umum.

4. KUASAI MATERI
      Ketika akan berbicara di depan umum, perlu anda kuasai materi. Jika belum menguasai dengan baik, hal ini dapat menjadi "boomerang" yang membuat anda jadi kurang percaya diri selamanya.

5. JAUHI KONTAK MATA
      Jauhi kontak mata dengan beberapa 'audience', dikarenakan hal tersebut bisa membuat anda jadi amat gugup karena seluruh mata nyatanya memandang ke arah anda ketika tengah bicara. Cukup memandang mereka di bagian jidat itu telah cukup.

No comments:

Post a Comment