Monday 26 October 2015

AWAS, RADIASI HP SANGAT BERBAHAYA


image source : my album

Handphone atau Ponsel adalah benda yang tidak lepas dari jangkauan manusia saat ini. Dizaman yang serba canggih ini, ponsel adalah barang paling berharga ketimbang segalanya. Namun apakah kamu mengetahui ternyata radiasi dari sinyal ponsel kamu sangat berbahaya dan mengganggu kesehatan. Radiasi ini bisa merusak otak, mata, bahkan kulit bisa terlihat lebih tua dikarenakan terkena radiasi sinyal dari ponsel kamu. 

Pancaran gelombang elektromagnetik dari ponsel memiliki frekuensi antara 450-1800 MHz, yaitu termasuk dalam gelombang mikro. menurut perhitungan menunjukkan bahwa quantum energi yang dihasilkan oleh radiasi dari ponsel masih kecil. Akan tetapi jika jarak ponsel dengan telinga dekat contohnya seperti kamu sedang telponan, maka dampak radiasi dari sinyal ponsel tidak boleh diabaikan begitu saja. Artinya, semakin dekat sumber radiasi yaitu ponsel, akan semakin besar pula pancaran radiasi yang diterima.

Beberapa orang merasa pusing setelah menelpon dengan waktu lama, dikarenakan radiasi dari ponsel telah merusak jarigan tubuh. Ada sebagian ponsel yang dikategorikan "aman" dari radiasi dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Tapi bukan berarti efek sampingnya tidak ada. Seperti radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh. Radiasi RF mempunyai kemampuan memanaskan jaringan tubuh seperti halnya microwave memanaskan makanan. 

Sungguh ironis mendapati bahwa ponsel yang kita gunakan setiap hari ternyata malah membuat kesehatan kita terganggu. Yang juga mengejutkan adalah radiasi dari ponsel kamu ternyata juga bisa dipakai untuk merebus sebutir telur seperti halnya kamu merebus air di dalam air panas. untuk membuktikannya, kamu membutuhkan :

  • 1 butir telur dan 2 HP. Telur diletakkan di tengah-tengah HP.
  • Atur 65 menit percakapan ke 2 HP tersebut.
  • Buktikan! Telur itu telah matang dan siap untuk dimakan.
Pada 15 menit pertama, tidak terjadi apa-apa karena masih dalam waktu normal. stelah 25 menit telur mulai hangat, setelah 45 menit, buktikan sendiri! Otak kita juga akan menjadi matang bila terus menerus ditempelkan pada HP. Karena otak dan telur sama-sama mengandung jumlah air dan protein. 

Hasil gambar untuk foto bahaya radiasi hp
image source : google.com (foto bahaya radiasi hp)


Berikut beberapa penyakit dan kelainan yang ditimbulkan oleh radiasi HP :

  1. Kanker
  2. Tumor Otak
  3. Alzheimer
  4. Fatigue (terlalu lelah)
  5. Sakit kepala
Tips mengurangi dan menghindari radiasi HP :

  1. Batasi penggunaan HP, waktu ideal paling lama untuk menelpon adalah 20 menit.
  2. Gunakanlah headset dengan kabel untuk mengurangi radiasi dari HP karena menjauhkan HP dari kepalamu, hindari pemakaian headset bluetooth.
  3. Kurangi diri kamu terkena radiasi dari area transmisi WiFi (Hotspot Area). Cari tahu dimana lokasi WiFi dan usahakan menjauh darinya.
  4. Gunakan speakerphone daripada mendekatkan langsung HP kamu dengan telinga. Ini membantu untuk menjauhkan efek radiasi langsung antara otak dengan HP.
  5. Batasi penggunaan HP di dalam gedung, karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung daipada diluar.
  6. Usahakan letakkan HP kamu 5 meter jauh dari badanmu ketika tidur malam.
Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment