Friday 16 October 2015

KEBIASAAN SEPELE MENJELANG TIDUR INI MERUSAK MATA

Hasil gambar untuk MERUSAK MATA  
source : google (merusak mata)
Ferdi, teman saya yang mengalami masalah pada matanya melakukan konsultasi dengan dokter. Setelah ditelusuri, sejak SMA hingga sekarang ia kerap menghabiskan waktu sebelum tidur untuk membaca novel favoritnya. Apa yang salah ya?

        Ternyata pengaruh pencahayaan dari kebiasaan sebelum tidurlah yang menyebabkan penglihatannya semakin menurun,  Kebutaan mungkin merenggut penglihatannya di kemudian hari. Bagaimana pencegahannya?

         Kebiasaan buruk yang harus kamu hindari dan perbaiki antara lain, membaca buku. Kegiatan ini sering kali dilakukan sambil berbaring dengan penerangan kamar seadanya. Padahal lampu terlalu terang atau redup membuat mata tegang. Posisi berbaring pun menyebabkan membelakangi cahaya. Usahakan jaga tubuh kamu tetap tegak dan gunakan lampu baca.

          Lalu, menonton televisi. Layar tv memancarkan sinar langsung mengarah ke mata. Akibatnya mata menjadi lelah dan kering karena jarang berkedip dan lebih fokus pada layar. Untuk menghindarinya, stop menonton TV setelah 30 menit dan lakukan senam mata.

          Bermain game atau social media. Banyak orang menggunakan gadget untuk bermain game atau social media dalam gelap sambil menunggu kantuk tiba. Penggunaan jarak dekat karena huruf atau gambar yang kecil, serta paparan cahaya beragam warna, membuat mata pedih dan rusak. Jadi, atur brightness tidak terlalu terang dan gunakan dalam kondisi sekitar cukup cahaya.

           Menggunakan laptop. Karena banyak tugas atau tuntutan pekerjaan, seringkali kamu harus membuka laptop di atas tempat tidur untuk membalas email atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Jangan menyalakannya di ruangan gelap karena bisa mengakibatkan mata buram dan kabur saat beralih ke objek terang lainnya.

            Membiarkan lampu tetap terang. Tidur dengan lampu terang bisa membuat mata kamu silau dan menurunkan kualitas mata. Jika tidur tak nyenyak, syaraf mata pun tak bisa beristirahat dengan rileks.

             Jadi sobat pembaca, jagalah matamu sebaik mungkin. Karena “mata adalah jendela dunia”. Sekian postingan saya kali ini, tunggu postingan berikutnya yang pasti bakal menambah wawasan anda.


No comments:

Post a Comment