Tuesday 13 October 2015

MATA UANG YANG PALING MAHAL ADALAH "WAKTU"

        Berbicara tentang waktu, mungkin hampir setiap orang menyadari bahwa setiap waktu yang kita miliki sangat berharga. Sangking pentingnya arti waktu, orang barat sering mengatakan "time is money" (waktu adalah uang), Setiap kali kita kehilangan waktu, maka sama dengan kita kehilangan uang. Orang arab pun juga punya sebuah slogan "al waqtu kas saifi, fail lam taqta', qata'aka" (waktu itu seperti pedang, jika kamu tidak menebasnya, maka ia akan menebasmu). Jika kita tidak bisa memanfaatkan waktu, maka waktu akan melukai kita.

         Sebetulnya hidup kita di dunia ini tidak lain waktu yang diberikan oleh Allah kepada kita. Menyia-nyiakan waktu yang kita miliki, berarti menyia-nyiakan hidup sendiri. Kita perlu membagi waktu kita untuk belajar, Bekerja, bersosialisasi, beristirahat, beribadah, berbaur dengan keluarga, menyalurkan hobi, atau melakukan sesuatu yang bermanfaat dan positif bagi diri kita maupun orang sekitar kita. 

           Waktu lebih berharga daripada uang, uang yang sudah habis bisa kita cari kembali, Tapi waktu yang hilang tidak bisa kita dibeli kembali. Meski banyak dari kita yang setuju dengan statement tersebut, akan tetapi masih banyak dari kita yang takut kehilangan uang daripada kehilangan waktu. Menyibukkan diri dengan pekerjaan memang bisa menghasilkan banyak uang, namun perlu kita ingat bahwa keluarga kita butuh waktu dan kehadiran kita untuk menikmati masa-masa bersama. Memanjakan diri sendiri dengan dunia maya, seperti facebook, blackberry messenger, atau sejenisnya memang sangat menyenangkan, tapi bersosialisasi di dunia nyata sebagai sarana menyambung silaturahmi jangan sampai kita lupakan.

            Penyesalan selalu datang di akhir dan selalu terasa menyakitkan, apalagi bagi orang yang tidak siap menerima kenyataan. Untuk itu sebelum datang rasa sesal, marilah kita gunakan waktu yang kita miliki sebaik mungkin. Kesempatan hidup kita hanya sekali, jangan pernah di sia-siakan.

                Sekian postingan kali ini, saya akan kembali dengan postingan yang tentunya lebih menarik.

foto : google.com (waktu lebih berharga daripada uang)

No comments:

Post a Comment