Sunday 18 October 2015

CARA MENGATASI KENAKALAN REMAJA

             Masa remaja erat kaitannya dan sering kali dihubung-hubungkan dengan kenakalan remaja. Masa remaja pada umumnya perubahan dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Sebenarnya kenakalan remaja itu disebabkan karena tidak mampunya anak menghadapi tugas remaja yang harus dipenuhi. Pada masa remaja banyak sekali prubahan yang terjadi pada anak, baik dari segi fisik maupun emosionalnya.

  1. Seperti masalah pribadi, yaitu masalah-masalah yang berhubungan dengan situasi dan kondisi di rumah, sekolah, kondisi fisik, penampilan, emosi, penyesuaian sosial, tugas dan nilai-nilai. Remaja masa kini banyak sekali tekanan-tekanan yang mereka dapatkan, mulai dari perkembangan fisiologi, ditambah dengan kondisi lingkungan dan sosial budaya serta perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya masalah-masalah psikologis berupa gangguan penyesuaian diri atau perilaku yang mengakibatkan penyimpangan-penyimpangan.

1.   Keluarga (rumah tangga)
            Penelitian menunjukkan bahwa anak/remaja yang dibesarkan dalam lingkungan sosial keluarga yang tidak baik, maka resiko anak untuk mengalami gangguan kepribadian menjadi berkepribadian antisosial dan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dalam keluarga sehat atau harmonis (sakinah).

2.  Sekolah
               Kondisi sekolah yang tidak baik dapat menganggu proses belajar mengajar anak didik, yang pada gilirannya dapat memberikan “peluang” pada anak didik untuk berperilaku menyimpang. Misalnya, kurikulum sekolah yang sering berganti-ganti, muatan agama/budi pekerti yang kurang.

3.   Lingkungan Sosial
                    Lingkungan sosial pun menjadi tempat dimana remaja berubah secara emosional. seperti mngikuti teman yang tidak jelas, bahkan yang lebih gawat sampai melakukan tindakan asusila ataupun mengonsumsi narkotika.

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

            Masa remaja sebagai periode merupakan suatu periode yang sarat dengan perubahan dan rentan munculnya masalah. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus serta pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja merupakan faktor penting bagi keberhasilan remaja di kehidupan selanjutnya, mengingat masa ini merupakan masa yang paling menentukan.

            Selain itu perlu adanya kerjasama dari remaja itu sendiri, orang tua, guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan remaja di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat dilalui secara terarah, sehat dan bahagia. Demikian sedikit paparan mengenai kenakaln remaja dari saya, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca semuanya.

No comments:

Post a Comment