Sunday 18 October 2015

BELAJAR DARI "KESALAHAN"

Hasil gambar untuk belajar dari kesalahan
image source : google (belajar dari kesalahan)
Semua manusia ingin hidup bahagia, tidak ada seorangpun yang ingin berbuat kesalahan. Namun jika anda ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi anda untuk tidak melakukan kesalahan. Jika anda dapat belajar kesalahan dengan tepat, maka anda akan mendapat bahan bakar baru untuk maju ke depan. Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang pennting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut. 

Berikut beberapa cara agar kita bisa belajar dari kesalahan, diantaranya :

1. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi

              Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam kesalahan. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, anda harus memahami akar permasalahannya. Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan anda marah pada saat itu. Mungkin anda merasa sangat lelah atau kepala anda sedang sakit.

2. Hindari Mengulang Kesalahan yang Sama

               Sering kali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, anda harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha yang ekstra untuk merubah kebiasaan. Bagaimanapun, semakin cepat anda bisa merubah kebiasaan tersebut, semakin cepat anda menghindari melakukan yang sama.

3. Jangan Menganggap Diri kita "Perfect"

                Jika anda selalu merasa ingin sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesalahan sekecil apapun, hal itu lama-kelamaan akan membentengi diri anda secara psikologis dan anda menjadi tidak berani dalam mengambil resiko.

4. Jangan Membuang Waktu dengan Mencari Pembenaran

                Kita manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan orang lain. Perlu anda ketahui ketika kesalahan telah anda buat, orang sama sekali tidak tertarik dengan pembenaran-pembenaran yang anda buat. Kita mencari pembenaran karena ego kita yang tinggi. Terkadang, hal terbaik yang perlu diucapkan, sangat sederhana "Ya, saya telah melakukan kesalahan".

5. Kesalahan adalah Kesempatan Untuk Belajar

                 Dari kesalahan-kesalahan yang telah anda buat, tentu saja anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan-kesalahan, dalam hubungannya dengan keberanian mengambil resiko, merupakan batu loncatan untuk kesuksesan anda. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik.

Jadi, bersikaplah dewasa dan mulailah diri kamu belajar dari kesalahan.

No comments:

Post a Comment